Monday

Memaknai Tanggal 1 Muharram

memaknai 1 muharram1 Muharram tahun hijriah merupakan tahun baru yang sebenarnya bagi kaum muslimin..Untuk itu kepada kaum muslimin, saya mengucapkan selamat tahun baru hijriah 1 Muharram 1432 Hijriah.

Di tanggal ini, semestinya kita memaknai 1 Muharram ini dengan hal yang baik karena di tanggal 1 muharram ini banyak sekali hal-hal baik yang telah terjadi. Utamanya berhubungan dengan peristiwa yang dialami oeh para rasulallah.

Menurut pengetahuan yang pernah saya baca, ada beberapa peristiwa yang dialami para rasul di zaman dahulu. Peristiwa tersebut diantaranya adalah tanggal 1 Muharam juga menjadi hari ketika Nabi Musa as bersama kaumnya menyeberangi Laut Merah untuk membebaskan diri dari kejaran Firaun. Di hari itu Firaun dan bala tentaranya tewas. Lautan menelan mereka setelah Musa as dan pengikutnya selamat sampai ke seberang.

Kemudian kisah Nabi Yaqub as yang bisa kembali melihat setelah kebutaan matanya yang lama juga terjadi pada tanggal 1 Muharam. Begitu pula cerita Nabi Yusuf yang dijerumuskan saudara-saudaranya ke sumur tua yang dalam. Yusuf as terangkat dari sumur juga pada 1 Muharam. 

Di tanggal 1 Muharam juga tercatat peristiwa Nabi Ibrahim as yang dibebaskan Allah SWT dari panasnya api ketika para penyembah berhala membakarnya. Api yang besar menyala-nyala itu hanya membakar tumpukan kayu tanpa bisa menyentuh sehelai rambut pun dari Rasulullah Ibrahim as.

Dari beberapa peristiwa di atas pada tanggal 1 muharram, peristiwa yang paling diingat adalah peristiwa ketika Nabi Muhammad SAW hijrah dari Mekkah ke Madinah. Makna dari hijrahnya nabi Muhammad SAW yaitu hijrah/pindah dari masyarakat jahiliah ke masyarakat islam yang penuh cahaya.

Dari peristiwa-peristiwa di atas dapat disimpulkan bahwa pada tanggal 1 muharram terjadi banyak peristiwa yang intinya mengalami perubahan keadaan menuju ke arah yang lebih baik.


Nah dari situ kita seharusnya berusaha memaknai tanggal 1 muharram ini dengan sesuatu yang baik yang bisa kita lakukan. Namun intinya tidak hanya ketika tanggal 1 muharam atau tahun baru saja kita menjadi lebih baik, tetapi setiap saat kita harus berusaha menjadi lebih baik. Meskipun itu sulit. Maaf bukan bermaksud menggurui. Tulisan ini merupakan penegur bagi saya sendiri yang sampai saat ini belum bisa menjadi pribadi yang baik dan malah selalu berbuat kesalahan. Ya Allah..mohon ampun hambamu ini yang selalu berbuat dosa...


Akhirnya, Selamat tahun Baru Hijriah 1 Muharram 1432 Hijriah.

Baca Juga



2 komentar:

smiley on December 07, 2010 said...

Silahkan berkunjung juga ke blog saya, berburu duit dan saham... gratis..


http://uanggesit.blogspot.com/

Admin Kampung Online on December 08, 2010 said...

Terima kasih atas kunjungannya...

Ingin Usaha Jual Pulsa Online dengan Mudah Daftar Gratis. Baca selengkapnya DISINI

 

Recent Post

Recent Comment

Powered by Blogger.

Kampung Online | Usaha Orang Desa Copyright © 2010 - 2012 CommunityEvo is Designed by www.bietemplates.com and Kampung Online